Syamsul 99 Blog

Portofolio, Bisnis Online, Blog, Internet, Komputer, Printer, Software, Spiritual, etc

Shalat Jum’at, Keagungan Sistem Buatan Allah

with 2 comments


Sayyidul Ayyam, Yaumul Jum’ah.

Hari ini jum’at terakhir bulan Oktober 2009 menjadi sebuah hari yang istimewa buat saya. Kiranya ungkapan di atas memang merupakan sebuah sistem yang membuat kita, umat penganut Nabi Muhammad SAW mengharuskan untuk melepaskan semua urusan duniawi kita dan mencurahkan perhatian kita untuk beribadah kepada Allah. Baru selepas shalat jumat kita dipersilahkan bertebaran di muka bumi untuk meneruskan mencari nikmat Allah.

Bagaimana tidak, seminggu kita mengurusi segala tetek bengek urusan duniawi dan beribadah shalat lima waktu ala kadarnya.
Saya katakan keagungan sistem Allah adalah karena dalam satu minggu itu tidak ada kewajiban kita untuk shalat lima waktu secara berjamaah. Meskipun saya juga menjalankan shalat lima waktu, namun kebiasaan saya lakukan sendirian (munfaridan). Kenyataannya shalat lima waktu itu saya lakukan tidak kurang dari 5 menit.

Berbeda sekali dengan shalat jumat yang mengharuskan kita untuk duduk di dalam masjid selama kurang lebih 1 jam. Maka dengan sendirinya selama 1 jam itu pula kita mengheningkan cipta, menyatukan rasa ke haribaan Allah. Kesempatan 1 jam itu ternyata begitu nikmat dan indah seolah menyejukkan hati yang gersang. Bagaikan siraman es menyegarkan buat dahaga di tenggorokan. Melepas mereka pulang shalat jumat dengan kesegaran baru, kesegaran untuk melakukan segala aktivitas. Juga penyadaran kembali bahwa semua harus dikembalikan pada tempat yang semestinya.

Padahal kita tahu sistem ini turunnya jauh sebelum jaman sekarang. Jaman yang dikatakan sebagai zaman globalisasi. Aktivitas yang sangat padat selama 24 jam. Lihat saja pemandangan sehari-hari, bagaimana hilir mudik, lalu-lalang manusia melakukan aktivitas seakan tidak mengenal lelah. Malam seakan-akan tidak ada, semua menjadi siang waktunya melakukan aktivitas. Agung dan indah bukan?

Saya pun mengerti kenapa diperintahkan segera meninggalkan segoro urusan begitu mendengar adzan kedua sebelum khotbah. Kiranya fadhilah keutamaan 1 jam tadi tidak akan didapatkan oleh mereka yang datang terlambat karena aktivitasnya.

Bagaimana dengan Anda sekalian?

Adakah tidak mau datang ke masjid untuk shalat jumat sebelum adzan kedua. Tentunya untuk sejenak mengistirahatkan pikiran dan hati kita. Semoga kesehatan pikiran dan hati kita lebih terjaga dengan istirahat yang teratur.

Written by syamsul99

October 30, 2009 at 1:27 pm

Posted in Spiritual

Tagged with , , ,

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. ALHAMDULILLAH, insa’Alllah dan atas izin allah saya akan selalu datang kemesjid untuk shalat jum’at…………..
    slama ini saya selalu datang………..

    andi pinky

    December 29, 2009 at 5:09 pm

  2. kalau ketiduran…………….
    g’ pa2 kan pak……………..

    wardana

    December 29, 2009 at 5:10 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: